Tanda – Tanda Penyakit Batu Empedu






Tanda – Tanda Penyakit Batu Empedu – batu empedu ini merupakan salah satu penyakit yang terjadi akibat pengerasan kolesterol di dalam cairan empedu. Konsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi ini sangat mudah terserang penyakit batu empedu. Banyak gejala – gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini. Gejalanya hampir sama dengan penyakit maag.

Batu empedu biasanya sering dialami oleh wanita. Kenapa wanita? Karena perubahan hormon pada wanita apalagi selama kehamilan perubahan hormon esterogen akan meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Progesteron ini yang membuat otot menjadi rileks. Relaksasi otot di kandung empedu ini akan memperlambat aliran empedu sehingga bisa mengakibatkan batu empedu.

Tanda – Tanda Penyakit Batu Empedu

Gejala atau tanda- tanda dari penyakit batu empedu ini sama seperti orang yang sakit maag, kadang orang memang keliru dengan gejala yang diderita. Tanda – tandanya sebagai berikut:
  • Mual disertai muntah
  • Rasa sakit disekitar bahu sebelah kanan. Karena kolesterol juga biasanya dirasakan dibahu atau area bahu sampai leher.
  • Nyeri di perut bagian kanan dan rasa sakitnya ini terasa sampai punggung belikat atau sakit punggung diantara tulang belikat.
  • Terasa sakit di bagian ulu hati seperti ditusuk – tusuk.

Ketika kalian merasakan gejala- gejala atau tanda – tanda diatas. Kalian bisa segera konsultasikan kepada dokter spesialis batu empedu. Dokter akan melalukan pengecekkan terlebih dahulu untuk memberikan diagnosa yang dikeluhkan oleh pasien.

Mencegah Penyakit Batu Empedu

Penyakit batu empedu ini bisa dicegah dengan mengatur pola makanan. Seperti diawal dijelaskan bahwa kebanyakan batu empedu ini terjadi karena kelebihan kolesterol yang membeku dalam cairan empedu. Dokter spesialis bedah tangerang pun akan menganjurkan beberapa hal yang bisa mencegah batu empedu yaitu:

  1. kontrol berat badan : kenapa kita harus kontrol berat badan. Karena obesitas salah satu faktor penyebab batu empedu. Bukan hanya obesitas saja tapi menurunkan berat badan secara drastis pun bisa menjadi penyebab batu empedu. Karena kalori yang kita butuhkan itu harus pas. Minimal kalori yang masuk ke dalam tubuh itu sekitar 1200 kalori.
  2. Terapkan pola makan sehat : bukan berarti kita tidak mengkonsumsi makanan berlemak, tubuh juga membutuhkan lemak tapi tidak berlebihan. Sebaiknya konsumsi bisa mengkonsumsi lemak jenuh tunggal seperti minyak zaitun dan minyak kanola, asam lemak omega-3 seperti alpukat dan minyak ikan. Kurangi makanan dengan lemak jenuh tinggi, seperti daging berlemak, mentega, jeroan, krim, kue, dan lainnya.
  3. Lakukan olahraga dengan teratur : cara ini bisa dilakukan untuk diet yang baik. Setidaknya berolahragalah 30 menit dalam sehari. Atau 150 menit dalam satu minggu.
  4. Menghindari konsumsi obat : Beberapa obat dapat meningkatkan risiko Anda mengembangkan batu empedu, seperti obat penurun kolesterol (gemfibrozil dan fenofibrate). Hal ini dapat terjadi karena obat tersebut dapat meningkatkan jumlah kolesterol yang dilepaskan ke dalam empedu, sehingga batu empedu dapat terbentuk.

Selain itu, terapi hormon, seperti hormon estrogen yang digunakan setelah wanita menopause atau pil KB dosis tinggi yang mengandung estrogen, juga dapat meningkatkan risiko wanita mengembangkan batu empedu. Perlu Anda ketahui bahwa hormon estrogen dapat membuat tubuh lebih banyak menghasilkan kolesterol, yang bisa menyebabkan batu empedu. Hal ini sekaligus menjawab mengapa wanita lebih berisiko menderita batu empedu.
Jika kalian tidak melakukan hal diatas besar kemungkinan akan mengalami batu empedu. Sangat dikhawatirkan oleh kaum wanita yang ingin kurus seperti model – model. Ingat bahwa penurunan secara drastis justru tidak baik untuk pencernaan anda. 

Dokter spesalis saluran pencernaan juga menganjurkan kita untuk terapkan pola hidup sehat. Pola hidup sehat itu tergantung dari niat pribadi orang masing – masing. Paksakan diri anda untuk bisa lebih menikmati hidup daripada menimkati obat – obat untuk mengobati rasa sakit yang kalian derita.

Sehat itu tidak mesti harus berbayar, kalian bisa lakukan olahraga lahir dilapangan. Makan – makanan sayuran. Makan daging yang tidak mengandung banyak lemak. Dan minum air putih yang banyak. Semangat sehat untuk kita semua ya.

Comments