Apa Saja Pengobatan Kanker Hati?




Apa Saja Pengobatan Kanker Hati? – Definisi kanker sendiri adalah penyakit yang disebabkan karena ketidakteraturan perjalanan hormon sehingga mengakibatkan tumbuhnya daging pada jaringan tubuh yang normal, sering dikenal dengan istilah tumor ganas.

Hati adalah salah satu organ tubuh yang memiliki banyak fungsi, seperti membersihkan darah dari racun dan zat berbahaya, sebagai penghasil empedu yang digunakan untuk membantu mencerna nutrisi salah satunya seperti lemak, serta dapat mengontrol pembekuan darah.

 Apa Saja Pengobatan Kanker Hati?


Kanker hati dapat diobati dengan beberapa tahapan atau prosedur yang ditentukan oleh dokter spesialis bedah tangerang. Pengobatan pun dilakukan tergantung pada kondisi tubuh pasien dan pada tingkat stadium kankernya. Biasanya pengobatan bisa dengan pemberian obat – obatan, terapi radiasi, dan transplantasi hati. Berikut pengobatan kanker hati, yaitu:

  • Bedah


Dilakukan oleh seorang dokter ahli bedah digestif atau dokter spesialis. Salah satu metodenya dengan hepatektomi parsial, yaitu pengangkatan bagian hati yang terkena kanker. Metode ini dilakukan pada pasien yang dimana organ hatinya masih dalam kondisi bagus.

  • Ablasi tumor


Ablasi ini adalah proses penghancuran kanker tanpa melakukan operasi atau bedah. Jika sel kanker masih berukuran kecil dalam dilakukan ablasi tumor dan bagi kondisi pasien yang tidak memungkinkan untuk operasi makan akan dilakukan tindakan ablasi.

  • Embolisasi


Embolisasi ini merupakan cara untuk menghalangi aliran darah ke sel kanker dengan menyuntikkan obat. Prosedur ini dilakukan apabila tumor sudah berukuran 5 cm.

  • Radioterapi


Terapi radiasi ini tidak boleh dilakukan terlalu sering, karena dapat merusak jaringan hati yang sehat. terapi radiasi untuk kanker hati ini dengan radioterapi eksternal dimana tubuh pasien akan ditembakkan sinar radiasi ke sel tumor secara fokus yang berfungsi untuk menyusutkan sel kanker dan meredakan rasa nyeri.

  • Terapi target


Terapi ini dilakukan apabila semua prosedur tidak efektif untuk digunakan dan diberikan pada kanker stadium lanjut.

Beberapa Penyebab Kanker


Kanker atau kanker hati muncul karena pola makan yang tidak sehat. usahakan untuk selalu memakan sayuran dan buah, seperempat protein tanpa lemak, konsumsi biji – bijian, dan perbanyak minum air putih.  Faktor terbesar adalah dengan mengkonsumsi minuman beralkohol.


Kanker hati lebih sering menyerang laki – laki daripada wanita, melihat penyebab kanker hati ini karena minuman yang mengandung alkohol lebih sering dikonsumsi laki – laki. Untuk mengurangi faktor resiko kanker hati silahkan anda konsultasikan dengan dokter spesialis kanker hati untuk mengetahui segala informasi yang lebih detail mengenai kanker hati.

Jika anda menyayangi tubuh anda, maka lakukan pola hidup sehat. tidak lupa juga olahraga rutin, minimal seminggu itu 2 sampai 3 kali. Lakukan cek kesehatan tubuh anda bukan hanya saat anda merasakan gejala saja tapi saat tidak ada gejala cek kesehatan itu perlu untuk mengantisipasi jika terjadi sesuatu yang ternyata penyakit dalam tubuh tidak menimbulkan gejala dan akhirnya timbul setelah penyakit itu sudah parah. Sehingga penanganan akan sedikit terlambat untuk penyembuhan dengan cepat.

Comments